This blog is everybody that loves healthy food

9 Bahan Makanan Sehat untuk Diabetes dan Tips Mengolahnya

makanan sehat untuk diabetes

Apakah makanan yang selama ini Anda konsumsi sudah termasuk dalam makanan sehat untuk diabetes? Mengatur pola makan termasuk jenis bahan makanannya merupakan hal penting bagi penderita diabetes agar kadar gula darahnya selalu terkontrol.

Setiap jenis bahan makanan pasti memiliki kandungan lemak dan gula yang berbeda. Kadar gula dan lemak dalam makanan dapat mempengaruhi kinerja metabolisme tubuh. Berikut adalah bahan makanan sehat untuk diabetes yang dapat Anda kombinasikan sebagai menu sehari-hari.

Pilihan Bahan Makanan Sehat untuk Diabetes

1. Ikan berminyak

Kandungan lemak omega-3 DHA dan EPA banyak ditemukan pada ikan berdaging merah seperti salmon, makarel, anchovy dan sarden. Kandungan ini berfungsi menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, melindungi jaringan pembuluh darah serta dapat mengatur kadar gula darah.

2. Sayuran hijau

Umumnya penderita diabetes memiliki kadar vitamin C yang rendah. Padahal vitamin C bermanfaat sebagai antioksidan, anti-inflamasi dan masih banyak lagi. Selain sebagai sumber vitamin C, sayuran hijau juga rendah kalori sehingga dapat membantu Anda dalam mengendalikan berat badan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung sedikit gula dan karbohidrat namun banyak mengandung serat dan lemak sehat yang sangat berguna bagi tubuh terutama bagi Anda yang sedang berusaha mengurangi berat badan. Alpukat dapat menjadi camilan dan makanan sehat untuk diabetes.

4. Telur

Telur utuh dapat menjaga Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Berbagai kandungan di dalamnyanya bermanfaat untuk mengurangi peradangan, meningkatkan kinerja insulin, serta mengurangi resiko terjangkit penyakit jantung dan stroke.

5. Chia seeds

Bahan makanan ini sangat baik bagi para penderita diabetes karena tinggi serat dan rendah karbohidrat serta dapat dicerna tubuh. Chia seeds dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat laju pencernaan makanan sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki berbagai jenis dengan masing-masing kandungan yang berbeda. Pada umumnya kacang banyak mengandung serat sehingga baik bagi penderita diabetes. Namun perlu diperhatikan bahwa beberapa jenis kacang juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

7. Brokoli

Kandungan vitamin C, magnesium, dan lutein pada brokoli dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu brokoli memiliki kalori yang rendah sehingga sangat cocok dijadikan pilihan sayur dalam makanan sehat untuk diabetes.

8. Stroberi

Jenis buah yang satu ini kaya akan antioksidan yang terbukti mengurangi kadar kolesterol dan dapat mengontrol kadar gula darah setelah makan. Kandungan stroberi bekerja dalam meningkatkan kinerja hormon insulin. Rasanya yang segar sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

9. Cuka apel

Hasil olahan buah apel ini memiliki kandungan karbohidrat yang rendah. Cuka apel juga banyak dijadikan sebagai bahan pelengkap makanan karena dapat mengurangi respon gula darah pada makanan yang mengandung karbohidrat.

Cara Mengolah Makanan Sehat untuk Diabetes

Memanfaatkan bahan makanan sehat untuk diabetes di atas dapat membantu Anda dalam mengontrol kadar gula darah. Namun terdapat hal yang tidak kalah penting dari pemilihan bahan makanan, yaitu cara mengolahnya.

Pengolahan bahan makanan yang tidak tepat dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan manfaat dari  berbagai kandungan bahan makanan tersebut. Bagi Anda penderita diabetes, hindari pengolahan makanan dengan menggunakan minyak jenuh dan jangan memasak bahan terlalu lama.

Jangan lupa juga untuk selalu sediakan suplemen pendamping bagi para penderita diabetes. mGanik hadir sebagai paket lengkap yang dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme tubuh. Semangat untuk hidup sehat bersama mGanik!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berita Terkait

cara cek gula darah

MGANIK CARE

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing, elit hendrerit nulla turpis torquent diam, consequat senectus varius ac netus. Placerat curabitur venenatis nisl aptent velit convallis, lacus tristique sem litora mollis.

Baca Juga
Sponsor

Mganik Multigrain

Explore