This blog is everybody that loves healthy food

4 Tips Pola Makan Seimbang Diabetes Tanpa Ribet

pola makan seimbang diabetes

Mengatur pola makan bukanlah hal yang mudah bagi orang normal apalagi untuk para penderita diabetes. Namun itu hal tersebut merupakan sesuatu yang ada dipikiran masyarakat awam. Tahukah Anda ternyata mengatur pola makan seimbang diabetes ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan? Yuk simak artikel ini sampai habis, untuk dapatkan 4 tips pola makan seimbang diabetes anti ribet.

1. Awali pola makan seimbang diabetes dengan mencari tahu setiap indeks glikemik makanan

Indeks glikemik adalah nilai pengukuran makanan yang mengandung karbohidrat dan dapat mempengaruhi gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah, sangat direkomendasikan untuk para penderita diabetes.

Sementara, makanan dengan indeks glikemik yang tinggi, dapat meningkatkan gula darah, seperti permen, produk olahan tepung termasuk kue basah dan kering dan lain sebagainya.  Hal ini dapat meningkatkan resiko komplikasi diabetes nantinya. 

Oleh sebab itu, batasi konsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan juga kadar gula yang berlebih ya.

2. Pilih karbohidrat yang tepat

Ada beberapa jenis karbohidrat yang berbahaya untuk para penderita diabetes, namun hal ini tidak berarti bahwa Anda harus berhenti mengkonsumsi karbohidrat. 

Anda hanya perlu menghindari pemilihan karbohidrat yang salah, yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah seperti mengkonsumsi nasi dan produk olahan tepung lainnya.

Memilih sumber karbohidrat yang berasal dari biji-bijian merupakan alternatif yang sangat cocok untuk Anda coba, karena kaya akan serat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Adapun jenis karbohidrat untuk pola makan seimbang diabetes yang cocok untuk para penderita diabetes adalah roti gandum, kentang, bayam, quinoa dan kacang-kacangan.

3. Perhatikan jumlah asupan makanan sebagai bentuk pola makan seimbang diabetes

Tidak hanya memperhatikan indeks glikemik pada makanan yang Anda konsumsi, namun Anda tetap harus memperhatikan jumlah asupan makanan seperti serat, karbohidrat dan lemak.

Untuk jenis asupan karbohidrat, minimal Anda membutuhkan 130 gram per hari  dan untuk mengkonsumsi gula, seperti gula pasir yang hanya boleh dikonsumsi tidak lebih dari 4 sendok teh per harinya.

Untuk jumlah asupan serat, tubuh Anda membutuhkan minimal 5 porsi atau sebanyak 5 mangkuk kecil sayur dan buah. Jangan lupa untuk konsumsi protein yang baik seperti ikan, daging tanpa lemak dan tahu tempe serta kacang-kacangan. 

Anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi lemak ya, karena tubuh juga membutuhkan asupan lemak lho! Namun Anda harus berhati-hati memilih lemak. Pilihlah makanan yang mengandung lemak baik, bukan lemak jahat ya.

Apa itu lemak baik dan lemak jahat? Lemak baik merupakan jenis lemak yang memberikan energi bagi tubuh, sedangkan lemak jahat adalah lemak yang membuat tubuh menghasilkan kolesterol jahat yang dapat membahayakan tubuh seperti gorengan dan lemak yang dihasilkan dari hewan.

Lantas apa makanan yang mengandung lemak baik? Anda dapat mengkonsumsi alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan dan lemak dari tumbuhan.

4. Mengatur jadwal makan

Bukan hanya pola makan yang harus diperhatikan. Namun, penderita diabetes juga harus disiplin dengan waktu makan atau jadwal makan. Jadwal makan yang tepat juga akan berdampak pada penurunan gula darah.

Menurut kemenkes, penderita diabetes dianjurkan untuk tetap makan tiga kali sehari serta makan kecil atau mengkonsumsi camilan sebanyak 2-3 kali. Adapun jarak makan kecil adalah 2,5-3 jam.

Bagaimana? Bukan hanya 3 waktu saja, penderita diabetes dianjurkan juga untuk menambah waktu camilan lho. Menarik bukan? Namun jangan lupa untuk perhatikan asupan camilan Anda ya, ganti camilan Anda dengan camilan sehat rendah gula seperti kacang-kacangan dan roti gandum.

Itulah 4 tips pola makan seimbang diabetes yang dapat Anda terapkan nantinya. Jangan lupa untuk konsumsi minuman multigrain Mganik yang kaya akan nutrisi untuk menurunkan dan menstabilkan gula darah Anda. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berita Terkait

cara cek gula darah

MGANIK CARE

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing, elit hendrerit nulla turpis torquent diam, consequat senectus varius ac netus. Placerat curabitur venenatis nisl aptent velit convallis, lacus tristique sem litora mollis.

Baca Juga
Sponsor

Mganik Multigrain

Explore